Friday, July 6, 2012

Google Matikan iGoogle

iGoogle

Jakarta - Bukan kali pertama Google mematikan sejumlah produknya. Kali ini, ada 5 produk lagi yang dihentikan kelanjutannya oleh raksasa internet tersebut.

"Teknologi menciptakan peluang luar bisa untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Namun untuk memaksimalkannya, kami harus fokus, jika tidak kami harus berakhir dengan melakukan terlalu banyak dan tidak memiliki dampak dari yang kami perjuangkan," ujar Google dalam blognya.

Adapun produk-produk yang dihentikan salah satunya adalah iGoogle. iGoogle adalah home page untuk web yang bisa dikustomisasi.

Dirilis pada tahun 2005, produk tersebut merupakan kombinasi RSS reader dan widget platform, demikian seperti dikutip dari Cnet, Rabu (4/6/2012).

Dengan hadirnya aplikasi modern yang berjalan di atas platform seperti Chrome dan Android, kehadiran iGoogle sudah tidak dibutuhkan lagi. Penggunapun diberikan waktu 16 bulan untuk mengatur dan mengeskpor datanya.

Selain iGoogle, masih ada 4 produk lagi yang dihentikan di mana beberapa di antaranya gaungnya memang tidak santer terdengar. Apa saja?

Google Video


Google Videos

Google video telah menghentikan penguploadan di layanan ini sejak Mei 2009. Pengguna produk tersebut diberi kesempatan untuk migrasi, menghapus atau mendownload kontennya ke YouTube hingga 20 Agustus.

Sedangkan untuk video yang masih tersisa, Google akan memindahkan konten-konten tersebut ke situs YouTube sebagai video private.

Google Talk Chatback

Google Talk Badge

Produk ini memungkinkan website untuk mengembed widget Google Talk. Google kini telah mematikan Chatback dan menyarankan pemakaian Meebo bar untuk fungsi yang sama.

Sebagai aplikasi messaging untuk browser, Meebo telah diakuisisi Google pada bulan lalu. Untuk start up yang berusia 7 tahun ini Google menggelontorkan uang sekitar USD 100 juta.

Symbian Search App

Symbian Search App

Produk lain yang menjadi 'korban' bersih-bersih Google pada musim panas tahun ini adalah Symbian Search App. "Kami merekomendasikan Anda untuk pergi ke situs www.google.com dan membuatnya sebagai home page," demikian ujar perusahaan tersebut.


Google Mini

Google Mini


Google Mini sebenarnya menjadi bagian penting dalam penawaran Enterprise Search sejak dikenalkan pada tahun 2005. Namun mulai akhir bulan Juli ini, Google memutuskan untuk mengakhiri perjalanan produk tersebut karena dikatakan fungsinya kalah baik dibandingkan dengan apa yang disediakan produk lain seperti Google Search Appliance dan Google Site Search.


Sumber: http://de.tk/LIueF